Selasa, 24 Januari 2012

Hubungan Ilmu Akhlak dengan Filsafat


Hubungan Ilmu Akhlak dengan Filsafat
       Pengertiann Ilmu filsafat adalah ilmu pengetahuan yang berusaha menyelidiki segala sesuattu yang ada dan yang mungkin ada dengan menggunakan  pikian. Filsafat memiliki bidang-bidang kajiannya mencakup berbagai disiplin ilmu antara lain:
a.       Metafisika: penyelidikan di balik alam nyata
b.      Kosmologo: penyelidikan tentang alam(filsafat alam)
c.       Logika: pembahasan tentang cara berfikir cepat dan  tepat
d.      Etika: pembahasan tentang tingkah laku manusia
e.       Theodica: pembahasan tentang ke-Tuhanan
f.       Antopolog:pembahasan tentang manusia
Dengan demikian, jelaslah bahwa etika/akhlak tiu termasuk salah atu komponen dalam filsafat. Banyak ilmu-ilmu yang pada pada mulanya merupakan bagian filsafat karena ilmu tersebut kian meluas dan berkembang yang akhirnya membentuk disiplin ilmu tersendiri dan terlepas dari filsafat. Demikian juga etika/akhlak, dalam proses perkembanganya , sekalipun masih diakui sebagian dalam ilmu pembahasan filsafat, kini telah menjadi ilmu yang mempunyai identitas sendiri.
Selain itu filsafat juga membahas Tuhan, alam dan makhluknya. Daripembhasan ini akan dapat diketahui dan dirumuskan tentang cara-cara berhubungan dengan Tuhan dan memperlakukan makhluk serta alam lainnya. Dengan demikian akan duwujudkan akhlak yang baik terhadap Tuhan , terhadap manusia, dan makhluk Tuhan lainnya. Jadi kesimplannya hubungan antara ilmu akhlak dengan ilmu Filsafat adalah di dalam ilmu filsafat dibahas hal-hal yang berhubungan denganetika/akhlak dan dibahas pula tentang Tuhan dan bahkan menjadi cabang ilmu tersendiri yaitu Etika dan Theodica. Dan setelah mempelajari ilmu-ilmu tersebut diharapkan dapat terwujud akhlak yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar